Tuesday, August 14, 2018

Apakah Saya Percaya Dengan Polling Yang Dilakukan Denny Siregar?

Metode “voluntarily polling” melalui Twitter (hanya ilustrasi) 

Karena masih banyak yang belum faham dengan polling atau survey politik, maka saya akan jelaskan bagaimana cara anda membaca hasil polling yang banyak dilakukan oleh banyak pihak, baik yang dibayar maupun yang dilakukan secara mandiri, simpatisan pro presiden tertentu maupun yang mengaku netral. 

Sengaja saya memakai nama Denny Siregar (tanpa izin), agar anda bisa memahami keterangan saya secara mudah. Karena beliau “selebriti” yang pro Jokowi, sudah pasti dikenal baik yang mendukung Jokowi maupun yang pro Prabowo. 

Saya akan ber-andai andai, lagi lagi supaya anda gampang mengerti:

1.Andaikan, Denny Siregar mengeluarkan hasil polling tertanggal 1 Agustus, 2018 sbb:
Prabowo: 55%
Jokowi: 45% 
Metode survey: pertanyaan yang diajukan melalui Twitter dan Facebook (Fb)

Tanya: Apakah anda percaya?
Jawab: TIDAK
Tanya: loh…. Kan pemenangnya Prabowo? Denny Siregar kan bersebelahan dengan Prabowo. Masa sih kalau pemenangnya Prabowo anda TIDAK percaya? 

2. Denny Siregar, tertanggal 8 Agustus mengeluarkan hasil survey:
Jokowi: 56% 
Prabowo: 44%.
Metode survey: pertanyaan yang diajukan melalui Twitter dan Facebook (Fb).

Tanya: apakah anda percaya?
Jawab: TIDAK.
Tanya: anda aneh…. Kok “tak senang” kalau Jokowi menang? Jangan jangan anda juga “tak menyukai” Denny Siregar! Anda sentimen!

Kenapa saya TIDAK percaya dengan hasil survey 1 dan 2 di atas? Jawaban sederhananya karena METODE survey-nya. Bukan karena saya sentimen sama Denny Siregar. Bukan pula karena saya tidak menyukai Prabowo maupun Jokowi. BUKAN.

Pada survey 1, kebetulan saja PENDUKUNG Prabowo yang lebih banyak ikut, sehingga mereka memilih Prabowo (55%). 

Lah, pada survey 2, Jokowi kok yang menang (56%). Ya, sama saja, pada survey 2, kebetulan saja PENDUKUNG Jokowi yang banyak ikut polling, sehingga mereka pilih Jokowi.

Dalam ilmu statistika, metoda survey yang dilakukan oleh Denny Siregar di atas disebut dengan istilah “Voluntarily polling.” Artinya, mereka yang menjawab pertanyaan survey yang dilakukan oleh Denny Siregar di akun miliknya adalah: 
1.Terbatas pada orang yang bisa meng-akses akun beliau
2.Mereka yang ikut adalah para pendukung Jokowi dan Prabowo yang fanatic.
3.Bisa bisa hanya anak muda yang aktif dukung mendukung pilpres. Tidak menggambarkan pemilih sebenarnya. 

Seandainya metode “Voluntarily polling” ini dilakukan oleh Jonru, HRS atau Ahok atau Hasto Kristiyanto? Ya, sama saja, sayapun TIDAK PERCAYA hasilnya.

Lantas survey atau polling politik yang bagaimana yang saya percaya? Nanti saya jawab di artikel berikutnya….stay tune !!










13 comments:

  1. Apakah Saya Percaya Dengan Polling Yang Dilakukan Denny Siregar?

    ReplyDelete
  2. Apakah, Saya Percaya Dengan Polling Yang Dilakukan Denny Siregar?

    ReplyDelete
  3. Apakah, Saya, Percaya Dengan Polling Yang Dilakukan Denny Siregar?

    ReplyDelete
  4. Apakah, Saya, Percaya, Dengan Polling Yang Dilakukan Denny Siregar?

    ReplyDelete
  5. Apakah, Saya, Percaya, Dengan, Polling Yang Dilakukan Denny Siregar?

    ReplyDelete
  6. Apakah, Saya, Percaya, Dengan, Polling, Yang Dilakukan Denny Siregar?

    ReplyDelete
  7. Apakah, Saya, Percaya, Dengan, Polling, Yang, Dilakukan Denny Siregar?

    ReplyDelete
  8. Apakah, Saya, Percaya, Dengan, Polling, Yang, Dilakukan, Denny Siregar?

    ReplyDelete
  9. Apakah, Saya, Percaya, Dengan, Polling, Yang, Dilakukan, Denny, Siregar?

    ReplyDelete
  10. Apakah Saya Percaya Dengan Polling Yang Dilakukan Denny Siregar?

    ReplyDelete
  11. Apakah Saya Percaya Dengan Polling Yang Dilakukan Denny Siregar?

    Metode “voluntarily polling” melalui Twitter (hanya ilustrasi)

    ReplyDelete
  12. Apakah Saya Percaya Dengan Polling Yang Dilakukan Denny Siregar?

    Karena masih banyak yang belum faham dengan polling atau survey politik, maka saya akan jelaskan bagaimana cara anda membaca hasil polling yang banyak dilakukan oleh banyak pihak, baik yang dibayar maupun yang dilakukan secara mandiri, simpatisan pro presiden tertentu maupun yang mengaku netral.

    ReplyDelete
  13. Apakah Saya Percaya Dengan Polling Yang Dilakukan Denny Siregar?

    Sengaja saya memakai nama Denny Siregar (tanpa izin), agar anda bisa memahami keterangan saya secara mudah. Karena beliau “selebriti” yang pro Jokowi, sudah pasti dikenal baik yang mendukung Jokowi maupun yang pro Prabowo.

    ReplyDelete